Selamat datang diblog Cyber Group Six, semoga artikel kami bermanfaat

Wednesday 5 June 2013

0 Cara Kepolisian melacak peretas situs SBY

Cyber Group Six || Artikel: Cara Kepolisian melacak peretas situs SBY
Share Gan:





Cara Kepolisian melacak peretas situs SBY
Investigasi online pelaku peretasan situs resmi Presiden SBY membuahkan hasil setelah polisi bekerjasama dengan penyedia jasa internet melacak alamat internet protokol (IP Address) milik pelaku.
Menurut Ahmad Alkazimy dari lembaga keamanan jaringan komputer Indonesian Computer Emergency Response Team (ID-CERT), tim polisi siber mendapatkan IP Address pelaku dari perusahaan penyedia jasa internet ( Internet Service Provider/ISP).  Dalam kasus ini, situs web www.presidensby.info menggunakan jasa ISP Jatireja Network. Kemudian, Jatireja Network melaporkan identitas pelaku dan sejumlah bukti digital. Begitu dilacak, IP Address itu berada di sebuah lokasi di Jember, Jawa Timur.
Dalam hal ini ISP mencatat nomor IP Address semua pelanggannya, dan mengetahui lokasi penggunaannya. Hal itu disebabkan karena semua perangkat komputer yang terkoneksi dengan jaringan lokal maupun internet, akan memiliki IP Address yang diibaratkan sebagai alamat rumah yang berfungsi untuk menandai tempat suatu komputer di jaringan lokal ataupun internet.
Namun informasi yang didapat melalui Detik.com, menurut pelacakan ID-SIRTII/CC yang merupakan salah satu organisasi yang bertujuan untuk pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet, lokasi IP Address dan DNS pelaku bukan dari Indonesia, melainkan dari Texas, Amerika Serikat. Bisa saja pelaku juga masih orang Indonesia yang memalsukan IP-nya ke negara lain. Hal itu tentu biasa dilakukan para peretas untuk menghilangkan jejak.

Walaupun pelaku memalsukan IP Address guna untuk menghilangkan jejak, atau dengan sengaja menumpang di IP Address komputer lain di luar negeri, menurut Ahmad hal ini masih bisa dilacak dari alamat Media Access Control (MAC Address). MAC Address sering disebut juga Ethernet Address, Physical Address, atau Hardware Address, yang pada umumnya menempel di setiap perangkat komputer dan sulit untuk diubah karena telah dimasukkan ke dalam Read-Only Memory (ROM).

Judul: Cara Kepolisian melacak peretas situs SBY
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Cyber Group Six




Di Posting Oleh Cyber Group Six, Pada 00:57 dan 0 comments

Ditulis Oleh : Member of Cyber Group Six | Belajar lebih mendalam mengenai Cybercrime dan Cyberlaw

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Cara Kepolisian melacak peretas situs SBY. Dengan url http://havazhavaz.blogspot.com/2013/06/cara-kepolisian-melacak-peretas-situs.html. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan ambil dengan syarat Term of Use. Jika anda ingin meng copy-paste tolong berikan sumbernya dan baca terlebih dahulu Term of Use.

:: Thank's for visiting ! ::