Selamat datang diblog Cyber Group Six, semoga artikel kami bermanfaat

Tuesday 4 June 2013

0 HACKER

Cyber Group Six || Artikel: HACKER
Share Gan:


Pengertian Hacker
            Pengertian hacker dibagi menjadi 3 sudut pandang yaitu:
1.      Menurut Orang Awam
·      Hacker adalah orang yang merusak sebuah sistem
·      Hacker adalah orang yang mencuri data milik orang lain melalui jaringan internet.
·      Hacker adalah mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs.
2.      Middle IT
Hacker adalah Sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan memberikannya dengan orang-orang diinternet.
3.      Highly IT
Hacker merupakan golongan profesional komputer atau IT. Hacker mempunyai minat serta pengetahuan yang mendalam dalam dunia IT sehingga berkeupayaan untuk mengenal pasti kelemahan sesutu sistem dengan melakukan uji cuba terhadap sesuatu sistem itu. Namun, para hacker tidak akan melakukan sembarang kerusakan terhadap sesuatu sistem itu dan ia adalah merupakan etika seorang hacker.

Jenis-Jenis Hacker
            Hacker dapat dibagi menjadi 2 jenis, diantaranya adalah :
1.      White Hat Hacker
Istilah dalam bahasa inggris White hat yaitu: memfokuskan aksinya bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.
2.      Black Hat Hacker
Istilah dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.

Tingkatan Hacker
Tiap tingkatan Hacker di bedakan berdasarkan kemampuan dan ilmu yang dimiliki sang Hacker, diantaranya adalah:
1.      Elite
Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’.
2.      Semi Elite
Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.
3.      Developed Kiddie
Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
4.      Script Kiddie
Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.
5.      Lammer
Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.

Jenis Kegiatan Hacking
            Jenis Kegiatan Hacking dapat kita golongkan menjadi 2 kegiatan.
1.           Social Hacking, yang perlu diketahui: informasi tentang sistem apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa, bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi siapa, informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya.
2.           Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam sistem, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas sistem itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam sistem atau servis. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh ke dalam sistem dengan cara apapun dan bagaimanapun.


Aturan Main Hacker
            Hacker juga punya aturan main yang harus di ikuti kalau mau di sebut sebagai hacker. Gambaran umum aturan main yang perlu di ikuti seorang hacker yaitu:
·           Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
·           Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan / lubang di keamanan yang anda lihat.
·           Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
·           Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
·           Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan sendiri.
·           Selalu bersedia untuk secara terbuka /bebas/gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh.
·           Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
·           Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
·           Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack.
·           Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.
·           Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main sedang cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker sifatnya merusak.

Kode Etik Hacker
            Hacker memiliki kode etik yang harus dipatuhi, diantaranya adalah :
·         Mampu mengakses computer tak terbatas dan totalitas
·         Semua informasi harusnya FREE alias gratis
·         Tidak percaya pada otoritas, artinya memperluas desentralitas.
·         Tidak memakai identitas palsu, seperti nama samaran yang konyol, umur, posisi, dll.
·         Mampu membuat seni keindahan dalam computer.
·         Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik.
·         Pekerjaan yang dilakukan semata-mata demi kebenaran informasi yang harus disebar-luaskan.
·         Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu.
·         Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas tekhnologi computer.


Baik hacking maupun phreaking adalah satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam computer.

Judul: HACKER
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Cyber Group Six




Di Posting Oleh Cyber Group Six, Pada 23:36 dan 0 comments

Ditulis Oleh : Member of Cyber Group Six | Belajar lebih mendalam mengenai Cybercrime dan Cyberlaw

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul HACKER. Dengan url http://havazhavaz.blogspot.com/2013/06/hacker.html. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan ambil dengan syarat Term of Use. Jika anda ingin meng copy-paste tolong berikan sumbernya dan baca terlebih dahulu Term of Use.

:: Thank's for visiting ! ::